Keliling Jogja: Edisi Pantai Gesing

Ngomongin soal Jogja itu ga akan ada habisnya. Kota satu ini seolah punya magnet kuat yang membuat setiap orang yang pernah datang selalu ingin kembali, yang tinggal ga ingin pergi, dan yang belum pernah ga sabar ingin kesini. Bahkan bukan cuma orang Indonesia aja loh. Nama Jogja sudah lama harum sampai mancanegara.

Selain Malioboro, Prambanan, dan Keraton yang memang sudah tersohor, pantai-pantai daerah Gunung Kidul, juga ga kalah worthy buat masuk list tempat yang harus kamu kunjungin kalo pergi ke Jogja.

Kebetelan kemaren saat menghadiri wisuda teman yang kuliah di Jogja saya berkesempatan buat main ke salah satu pantai disana yaitu pantai Gesing.

Perjalanan dan Tiket

Photo by Dane Deaner on Unsplash

Pantai ini terletak di Panjolomulyo, Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Dari rumah kosan teman saya di daerah Terban kami berangkat naik motor, karena memang ga ada kendaraan umum yang menuju ke arah sana. Perjalanannya menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam.

Kita sempat nyasar juga karena teman saya yang bertugas jadi si penunjuk jalan salah belok. Tapi setelah tanya sana sini akhirnya kami sampai juga.

Masuknya murah meriah banget, cuman Rp.5000 per orang sama Rp.2000 buat parkir motor. Tring.. kita sudah boleh masuk ke kawasan pantai Gesing.

Makan, Makan Terus, Makan Lagi

Begitu masuk fokus saya langsung jatuh pada tukang jualan bakso tusuk yang sedang mangkal di situ. Ternyata bukan cuma saya yang sedang kelaparan, tiga teman saya yang lainnya pun merasakan hal yang sama. Serempak kami mengerubungi si bapak penjual dan memesan bakso tusuk buat pengganjal perut sementara sebelum hidangan utama.

Kami langsung meluncur ke warung makan yang berjejer di sana. Ikan yang diolah di sini benar-benar segar karena langsung dari tangkapan nelayan yang baru datang dari laut.

Ibu warungnya mempersilakan kami untuk masuk ke dapur dan memilih sendiri ikan yang akan dimasak. Karena ga benar-benar mengerti tentang ikan, kami asal pilih ikan panjang yang kelihatannya punya daging lembut tapi ga terlalu banyak durinya.

Karena ikannya lumayan besar, ibu warung membaginya menjadi dua. Setengah dimasak bumbu kuning pedas, setengahnya lagi dibakar. ditambah cah kangkung dan beberapa macam sambal serta es jeruk. Lengkap sudah daftar menu makan siang kami.

Sambil menunggu ikan kami tadi dimasak, kami menikmati bakso tusuk yang tadi kami beli sambil ngobrol-ngobrol manja. Ga begitu lama, ikan yang ditunggu-tunggu pun matang. Tanpa ba bi bu lagi kami pun langsung mencicipinya. Dan ternyata kami ga salah pilih ikan tadi. Rasanya enak banget.

Lelang Ikan

Photo by wartaekonomi

Habis makan waktu sudah memasuki dzuhur. Jadi kami sholat dulu di mushola sebelum turun ke pantai. Tapi di tengah jalan ternyata ada nelayan yang baru  datang dari laut sedang melelang ikan hasil tangkapannya. Disini ternyata kamu juga bisa langsung membeli ikan mentah untuk dimasak di rumah. Harganya juga lumayan miring karena kita beli pada nelayannya langsung tanpa perantara.

Pantai Gesing

Photo by Katalogwisata.com

Pantai Gesing terletak di sebuah teluk yang diapit dua dinding tebing.

Saya lumayan heran sih, pantai sebagus ini kok sepi banget. Tapi untungnya kami jadi bisa main air dan foto  sepuasnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *