Jaring-Jaring Bangun Ruang

Pernah dengar yang namanya jaring-jaring bangun ruang? Pastinya sudah pernah ya. Tapi kalau ditanya apa pengertiannya, mungkin sebagian besar dari kita masih merasa kesulitan untuk menjelaskannya. Nah dii artikel kali ini kita akan belajar bersama mengenai jaring-jaring bangun ruang. Mulai dari pengertiannya, macam-macam pola, dan tentu saja disertai dengan gambarnya.

Pengertian Jaring-Jaring Bangun Ruang

Jaring-jaring bangun ruang adalah beragam variasi kerangka dari sebuah bangun ruang. Kerangka ini terdiri dari gabungan bangun datar yang apabila disusun lagi akan kembali membentuk bangun ruang tersebut.

Kita bisa membuat jaring-jaring ini dengan cara membelah sebuah bangun ruang mengikuti rusuk-rusuknya.

Jaring-Jaring Kubus

Kubus merupakan bangun ruang yang terbentuk oleh enam buah sisi berupa bujur sangkar yang saling berbatasan dengan ukuran yang sama besar. Apabila sebuah kubus dipotong menurut rusuk-rusuknya kemudian tiap sisinya direntangkan maka akan menghasilkan sebuah bangun datar yang disebut dengan jaring-jaring kubus.

Ada sebelas macam variasi dari jaring-jaring kubus, masing-masing terdiri dari enam buah persegi kongruen yang saling berhubungan. Kesebelas jaring-jaring kubus ini bisa kita kelompokkan menjadi empat macam pola.

Pola 1-4-1

Pada pola 1-4-1 terdapat empat bidang bujur sangkar dalam satu baris bagian tengah, diikuti dengan satu bidang bujur sangkar masing-masing di sisi kanan dan kirinya. Ada enam macam variasi jaring-jaring kubus yang bisa kita kelompokkan ke dalam pola ini.

Pola 2-3-1

Jaring-jaring kubus dengan struktur pola 2-3-1 merupakan rangkaian dari tiga bidang bujur sangkar di baris bagian tengah, dengan dua bujur sangkar di bagian kanannya dan satu pada bagian kiri. Terdapat tiga macam variasi jaring-jaring kubus yang tergolong sebagai pola 2-3-1.

Pola 2-2-2

Selanjutnya yaitu jaring-jaring kubus pola 2-2-2. Terdapat dua sisi bujur sangkar masing-masing terletak di baris bagian tengah, kanan serta kirinya.

Pola 3-3

Berbeda dengan tiga pola yang lainnya. Jaring-jaring kubus dengan pola ini hanya terdiri dari dua baris yaitu baris sebelah kanan dan kiri. Masing-masing ada  tiga buah bujur sangkar di tiap barisnya.

Jaring-Jaring Balok

Jaring-jaring balok adalah gabungan dari bidang datar segi empat  yang apabila dirangkaikan akan membentuk sebuah balok.

Berbeda dengan kubus yang keenam sisinya kongruen berbentuk persegi, balok sedikitnya memiliki dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang dan hanya sisi-sisinya yang berhadapan yang memilki bentuk dan ukuran yang sama.

Dikarenakan hal tersebut jaring-jaring balok lebih banyak dan variatif daripada jaring-jaring kubus. Berikut di bawah ini terdapat 54 macam jari balok.

Pola 3-1-1-1

Terdapat 6 varian jaring-jaring balok yang bisa digolongkan ke dalam pola ini

Pola 1-3-1-1

Ada 12 macam variasi dari jaring-jaring balok yang termasuk ke dalam pola 1-3-1-1

Pola 2-2-1-1

Ada 6 variasi jaring-jaring balok yang menganut pola 2-2-1-1.

Pola 2-1-2-1

Enam macam jaring-jaring balok termasuk pola 2-1-2-1

 

Pola 2-1-1-2

Terdapat 3 jaring-jaring berbeda pada pola 2-1-1-2.

Pola 1-2-2-1

Pada pola 1-2-2-1 terdapat 12 jaring-jaring balok.

Pola 1-2-1-2

Enam varian pada pola 1-2-1-2

Pola 1-1-2-1-1

Dan 3 macam variasi pola 1-1-2-1-1

 

Jaring-Jaring Prisma Segi Tiga

Prisma merupakan bangun ruang yang memiliki sepasang bidang sejajar yang kongruen sebagai alas dan tutupnya. Sedangkan bidang-bidang tegaknya diperoleh dengan cara menghubungkan titik-titik sudut dari dua bidang yang sejajar tadi.

Sehingga jaring-jaring prisma segitiga mempunyai satu bidang alas dan satu tutup yang berbentuk segitiga, serta tiga buah sisi tegak yang berbentuk segi empat.

 

Jaring-Jaring Prisma Segi Lima 

Jaring-jaring prisma segi lima memiliki satu bidang alas dan satu tutup yang berbentuk segi lima, serta lima buah sisi tegak yang berbentuk segi empat.

Jika kita mengiris rusuk-rusuk yang berbeda pada prisma kita juga akan mendapati jaring-jaring yang berbeda pula dari bangun ini. Dibawah ini ada beberapa contoh lainnya dari jaring-jaring prisma segitiga,

Jaring-Jaring Limas

Bangun ruang limas terdiri dari bidang alas berbentuk segi-n (misalnya segi tiga, segi empat, segi lima, dll) dan bidang sisi tegak berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik puncaknya.

Sebagaimana halnya dengan bangun ruang yang lain, jaring-jaring limas dapat diperoleh dengan cara membuka sisi-sisinya, kemudian diratakan sehingga membentuk bangun datar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

 

Jaring-Jaring Kerucut

Jaring-Jaring Tabung

 

Jaring-Jaring Lingkaran

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *