Macam-Macam Paragraf Induktif Beserta Contohnya

Dalam tata bahasa Indonesia berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibedakan menjadi tiga jenis yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif dan paragraf campuran. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian kalimat induktif, ciri-ciri, macam-macam, dan juga contohnya.

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang ide pokok dan kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Pola kalimat pada paragraf induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum. Biasanya diawali dengan kalimat yang memuat penjelasan-penjelasan berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus, atau bukti, lalu diakhiri dengan kalimat utama.

Ciri-Ciri Paragraf Induktif

  • Ide pokok dan kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.
  • Menggunakan pola kalimat Khusus → Khusus → Khusus → Umum.
  • Dimulai dengan penjelasan-penjelasan yang detail baru kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan di akhir paragraf.

Jenis-Jenis Paragraf Induktif

1. Paragraf Generalisasi

Jenis dari paragraf induktif yang pertama yaitu paragraf generalisasi. Paragraf generalisasi biasanya dimulai dengan penjelasan-penjelasan yang detail baru kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan di akhir paragrafnya.

2. Paragraf Analogi

Isi dari paragraf analogi diawali dengan perbandingan dua objek yang memiliki kesamaan. Dari kesamaan tersebut kemudian ditarik sebuah kesimpulan yang akan menjadi kalimat utama di akhir paragraf.

3. Paragraf Kausalitas

Paragraf kausalitas menjelaskan suatu bahasan yang memiliki hubungan sebab dan akibat. Kemudian paragraf kausalitan ini terbagi lagi menjadi  menjadi dua pola yaitu pola Sebab-Akibat dan pola Akibat-Sebab.
Pada pola Sebab-Akibat penjelasan khususnya yang merupakan sebab-sebab dari suatu permasalahan disebutkan di awal paragraf kemudian dari sebab tersebut ditariklah sebuah kesimpulan berupa akibat di akhir paragraf.
Sebaliknya pola Akibat-Sebab paragraf yang di awalnya mengemukakan tentang akibat-akibat dari suatu sebab yang nantinya dipaparkan di akhir paragraf dalam kalimat utama.

Contoh Paragraf Induktif

Image by congerdesign from Pixabay

Contoh 1

Seakan tak ada matinya Kevin Sanjaya Sukamuldjo dan Marcus Fernaldi Gideon lagi-lagi mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah olahraga bulutangkis Internasional. Baru saja mengoleksi gelar kedelapannya di musim ini, duo yang lebih dikenal dengan julukan Minions tersebut menorehkan rekor baru dalam catatan sejarah ganda putra bulu tangkis dunia, melampaui rekor mereka sendiri yang tahun sebelumnya berhasil meraih tujuh gelar dalam kurun waktu satu tahun. Dengan gaya permainan khas mereka yang cepat, eksplosif, dan agresif mereka hampir tak terkalahkan dan kukuh sebagai peringkat nomor satu dunia di Ranking BWF sepanjang tahun ini dengan mengumpulkan 100.989 poin. Hal ini mengantarkan Kevin/Marcus sukses menyabet penghargaan pemain bulutangkis putra terbaik BWF 2018.

Contoh 2

Sudah beberapa bulan ini air sangat susah didapatkan di desa Maju Jalan. Tanaman dan rumput yang tadinya hijau sekarang mati dan berubah menjadi gersang. Air di sungai mengering. Panen yang seharusnya sudah dekat menjadi gagal dan petak-petak sawah pun menjadi retak. Semua hal ini disebabkan karena musim kemarau yang berkepanjangan.

Contoh 3

Saat ini 12,7 juta ton plastik berakhir di lautan setiap tahunnya. Hal ini memiliki dampak yang sangat merugikan bagi biota laut. Dari kura-kura yang terjerat sampai paus yang mati keracunan. Beberapa peneliti menyatakan bahwa pada tahun 2050 kemungkinan akan ada lebih banyak plastik daripada ikan di lautan berdasarkan pada beratnya. Bisa dikatakan, masalah limbah plastik merupakan salah satu tantangan besar yang sedang dihadapi oleh bumi kita sehingga harus segera dicari penyelesaiannya.

Contoh 4

Sudah banyak produk kecantikan yang kita kenal menggunakan olahan lidah buaya sebagai bahan dasar ataupun campurannya, seperti produk untuk kecantikan, wajah, rambut, dan bibir. Namun ternyata, tak hanya bermanfaat dalam bidang kecantikan, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Misalnya membantu proses detoksifikasi, mengatasi iritasi, mempercepat penyembuhan luka, serta sebagai sumber vitamin, mineral, dan asam amino. Jadi memang tidak diragukan lagi ada banyak khasiat luar biasa yang terkandung pada lidah buaya.

Contoh 5

Bahasa Melayu saat itu merupakan Lingua Franca di Asia Tenggara, khususnya di semenanjung Malaya dan sepanjang kepulauan Nusantara. Bisa dikatakan, bahasa Melayu modern telah menjadi bahasa pemersatu perdagangan di hampir seluruh pelosok Nusantara selama ribuan tahun. Selain itu bahasa Melayu juga tidak mempunyai tingkatan-tingkatan bahasa seperti yang dimiliki oleh bahasa Jawa atau bahasa Sunda sehingga lebih sederhana dan mudah untuk dipelajari. Hal-hal itulah yang menjadikan bahasa Melayu akhirnya terpilih menjadi bahasa persatuan Negara Indonesia.

Contoh 6

Siska adalah anak yang terkenal baik kepada setiap orang, dia tak pernah pelit dan selalu  berteman dengan siapa saja. Bila ada teman sekelasnya yang yang masih belum paham materi pelajarannya, Siska sering membantu mengajari temannya tersebut saat sepulang sekolah. Tak jarang juga Siska membawa kue hasil buatan Ibunya ke sekolah lalu membagi-bagikannya pada anak-anak di kelas. Selain baik dan pintar, Siska juga ceria. Setiap bertemu dengan teman atau gurunya dia selalu tersenyum dan menyapa terlebih dahulu. Karena alasan itulah Siska disukai oleh teman-temannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *